Bupati Malang Kukuhkan Pengurus PAW Korpri Kab Malang

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang bersama pengurus Korpri Kab Malang
Foto : Bupati Malang bersama pengurus Korpri Kab Malang

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, HM Sanusi kukuhkan Pengurus Korpri (Korps Pegawai Republil Indonesia) Kabupaten Malang hasil PAW (pergantian antar-waktu) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat 11/9/2020.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang yang juga selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, serta Wakil Ketua 2 Dewan Pengurus Korpri Jawa Timur Siswo Heroetoto.

Bupati Malang dalam sambutanya menyampaikan bahwa 13 pengurus baru yang dikukuhkan tersebut, dirinya berpesan agar dapat menjadi seorang inovator bagi pelayanan terhadap masyarakat.

“Jadilah inovator bagi pelayanan masyarakat, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Kemudian, Bupati Malang menyampaikan bahwa pengukuhan pengurus Korpri yang baru ini  juga berbarengan dengan momen  pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Malang 2020. Namun, dirinya berharap kepada seluruh pegawai, khususnya yang tergabung dalam Korpri, agar netral dalam urusan politik.

“Saya berharap, diisi untuk menjaga profesionalisme dan kinerja yang bagus. Yang jelas Korpri dalam politik harus netral”, ujarnya.

Buoati Malang, HM Sanusi juga mengimbau agar Korpri memberikan sumbangsih lebih kepada jalannya roda pemerintahan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

“Menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang dapat melaksanakan tugas pemerintahan di Kabupaten Malang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 2 Dewan Pengurus Korpri Jawa Timur Siswo Heroetoto mengatakan bahwa Korpri merupakan organisasi yang masuk dalam struktur kedinasan. Jadi, ditegaskan kembali mengenai netralitas dalam politik.

“Harus netral terkait kegiatan politik praktis. Pemberdayaan korps organisasi memiliki sifat yang demokratis, nasionalis dan mewakili anggota dalam lembaga nasional atau internasional,” terangnya.

Siswo juga mengatakan netralitas para anggota Korpri  telah tercantum dalam nota kesepahaman.

“Kemarin di Jakarta ada nota kesepahaman bersama antara menpan-RB, kepala BKN dan Bawaslu terkait netralitas ASN. Saya berharap teman-teman khususnya ASN dan Korpri bisa lebih dewasa dan bersikap netral,” tandasnya.

Siswo menyaampaikan bahwa Jika nantinya ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh ASN yang tergabung dalam Korpri, maka sanksi tentunya akan diterapkan dengan melihat tingkatan pelanggaran yang dilakukan. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait