Akreditasi Pertama, Pasca Sarjana Unira Malang Raih Predikat B, Kado Istimewa Harlah Ke 6

  • Whatsapp
Foto : Rektor Unira Malang bersama jajaran sesaat setelah akreditasi
Foto : Rektor Unira Malang bersama jajaran sesaat setelah akreditasi

MALANGSATU.ID – Unira Malang terus bergerak meningkatkan kualitas mutu layanan akademik dengan terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

Hal ini terlihat dari makin banyaknya program studi yang telah melakukan akreditasi dan mendapatkan predikat yang istimewa, terakhir adalah program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pasca Sarjana Unira Malang yang melakukan akreditasi dan mendapat predikat B.

Setelah sebelumnya Program Studi S1 seperti PAI, PGMI, Manajemen, PGSD mendapatkan peringkat akreditasi dengan Predikat B, ini merupakan Kado terindah Harlah Universitas Islam Raden Rahmat yang ke-6.

Melalui SK yang diterbitkan dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi) Nomor : 5307/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2020, tertanggal 8 September 2020 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Program Magister Universitas Islam Raden Rahmat, yang menetapkan Peringkat Akreditasi B dengan nilai 323, berlaku selama 5 tahun terhitung mulai tanggal keputusan ini ditetapkan.

Dr. Hasan Abadi, Rektor Unira Malang menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini.

“Ini akreditasi pertama program pasca sarjana, dan pelaksanaan Akreditasi dilakukan pada tanggal 2-3 September 2020, Asesmen Lapangan dilakukan secara daring, karena di masa pandemi, yang biasanya visitasi dilakukan secara tatap muka”, terangnya.

Foto : Kampus Unira Malang

Hasan Abadi mengatakan bahwa Asesmen Lapangan daring ini merupakan yang pertama kali dialami oleh Universitas Islam Raden Rahmat, sehingga diperlukan persiapan yang baik di segala bidang, terutama penyediaan link dokumen secara on line dan perangkat lunak yang memadai untuk kelancaran proses visitasi.

“Alhamdulillah berkat kerja sama semua civitas akademika, proses asesmen berjalan lancar selama 2 hari”, ujarnya.

Asesmen lapangan daring dilakukan oleh Asesor BAN PT yaitu Prof. Dr. Syamsun Ni’am (IAIN Tulungagung) dan Prof. Dr. Kamrani Buseri (IAIN Antasari Banjarmasin).

Rektor Unira Malang Dr. Hasan Abadi dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa melalui asesmen lapangan dan sidang BAN PT, akhirnya mendapatkan nilai 323 dengan predikat B.

“Dengan predikat B ini, maka Ijazah lulusan S2 MPAI Unira Malang bisa masuk penilaian untuk kepangkatan para ASN”, jelasnya.

Hasan Abadi bahwa yakin kampus Unira Malang akan terus berkembang pesat dengan memperhatikan budaya mutu, dan terus berusaha meningkatkan predikat akreditasi program studi yang lain, dan yang tak kalah pentingnya menyambut asesmen lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat, dan seluruh civitas akademika atas kerja keras dan cerdas, atas harmoni yang terjalin selama ini”, tandasnya.

Rektor Unira Malang, Dr. Hasan Abadi menambahkan bahwa untuk rencana selanjutnya akan mempersiapkan program S2 Magister Manajemen Pendidikan, Manajemen, dan Program Doktor S3 PAI.

Sementara itu Prof. Dr. Sunardji Dahri Tiam selaku Direktur Pascasarjana mengucapkan terima kasih kepada para pejabat terdahulu yang telah meletakkan pondasi dasar, dan terus akan meningkatkan perbaikan mutu dan layanan akademik sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait