Warga Perum Bulan Terang Utama Sediakan WiFi Gratis Untuk Pelajar

  • Whatsapp
Foto : Posko wifi gratis Perumahan BTU (Bulan Terang Utama) Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
Foto : Posko wifi gratis Perumahan BTU (Bulan Terang Utama) Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

MALANGSATU.ID – Munculnya pandemi Covid-19 memantik meningkatnya kepedulian sosial untuk meringankan beban sesama.

Bacaan Lainnya

Membangkitkan optimisme hidup. Begitulah gambaran kiprah warga Perumahan BTU (Bulan Terang Utama) Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang menyediakan akses WiFi gratis untuk pendidikan daring.

“Terus terang Kami merasa prihatin masih banyak pelajar yang tidak mampu membeli pulsa untuk pendidikan daring saat pandemi ini. Makanya Kami menyediakan akses WiFi gratis disini,” tegas Ketua RT 07 RW 16 Perum BTU Madyopuro Kedungkandang Kota Malang, Nanang Setiawan, Sabtu 29/8/2020.

Nanang menceritakan, pihaknya mulai menyediakan akses WiFi untuk anak-anak bulan Juli 2020.

Lokasi WiFi gratis ini berada di Perum Bulan Terang Utama di RT 07 RW 16 (pos warga).

“Kami menyediakan ini mulai Juli kemarin. Mereka bisa memakai sepuasnya. Banyak pemakai diantaranya siswa yang belajar daring, warga dan lainnya,” terang Nanang.

Nanang mengungkapkan, biaya pembayaran WiFi ditanggung oleh pemilik jasa Wifi karena di RT 07 RW16 perum BTU banyak yang berlangganan baik secara pribadi maupun kolektif jadi mereka menghibahkannya ke pos.

Warga dan anak-anak bila bosan di rumah bisa mempergunakannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kami sengaja memasang wifi untuk anak-anak karena kondisi pandemi seperti ini banyak juga murid yang tidak memiliki biaya membeli kuota,” papar Nanang.

Nanang menjelaskan, anak-anak sekolah yang memakai WiFi mereka adalah pelajar sekolah SD, SMP dan SMA.

Nanang memaparkan, penyediaan WiFi ini adalah untuk seterusnya. “Kami menyediakan Wi-Fi gratis ini doakan bisa seterusnya. Karena Kita sangat peduli kondisi seperti saat ini,” tutur Nanang.

Nanang berharap WiFi gratis ini memudahkan akses internet bagi warga siapapun itu meski di luar RT 07.

“Meskipun pemerintah sedang merencanakan tapi Kita sudah memulai demi warga karena kegiatan daring sudah berjalan,” jelas Nanang.

Menariknya adanya sukarelawan Mas
Adi, M.Pd yang sehari-harinya menjadi Dosen Prodi Bahasa Inggris IKIP Budi Utomo (IBU) Kota Malang yang turut membagikan ilmu pelajaran bahasa Inggris kepada siapapun yang ada di pos WiFi gratis tersebut.

“Alhamdulillah. Ada Mas Adi yang secara sukarela berbagi ilmu pelajaran bahasa Inggris kepada warga dan anak-anak yang berada disini,” imbuh Nanang. (*).

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait