Pemkab Terjunkan Tim, Selesaikan Konflik Antara Petani dengan Kades Selorejo Dau

  • Whatsapp
Foto : Wahyu Hidayat, Sekda Kab Malang
Foto : Wahyu Hidayat, Sekda Kab Malang

MALANGSATU.ID – Pemkab Makang akan terjunkan tim untuk selesaikan konflik antara petani jeruk dengan Kepala Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Bambang Soponyono yang hingga kini terus berlanjut.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui bahwa kasus ini bermula dari langkah Sekretaris BUMDes Selorejo Edi Sumarno, melaporkan beberapa petani jeruk ke Polres Malang karena petani dianggap telah memanen jeruk di tanah kas desa.

Lantaran merasa telah menyewa lahan kas desa tersebut petani pun tak terima karena telah rutin membayar uang sewa setiap tahunnya. Sejumlah petani pun melaporkan balik pemerintah desa.

Untuk menyelesaikan kasus tersebut, Pemkab Malang bersama TNI/Polri akhirnya menjadi penengah perseteruan antara pemdes dan petani.

Seperti yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, yang mengatakan, bahwa pihaknya sudah menemukan cara untuk menyeleseikan polemik tersebut.

“Kami buat tim, ketuanya saya sendiri, kemudian dari Polres dan Kodim untuk mencari fakta di sana. Itu kita lakukan untuk menanggapi permintaan dari kedua penggugat,” terangnya.

Srkda Kab Malang menyampaikan, bahwa tim tersebut nantinya akan bergerak secara langsung ke Selorejo untuk mencari fakta di lapangan. Sehingga, pemerintah bisa mengetahui siapa yang sebenarnya lebih benar. Karena pihaknya menilai bahwa polemik ini muncul karena miskomunikasi antara kades dan petani penyewa lahan.

“Keduanya memiliki maksut yang bauk, hanya ada miskomunikasi saja, semiga ini segera bisa menemukan solusinya”, tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait