Integrasikan Siskuedes, Diskominfo Garap Singosari Jadi Percontohan

  • Whatsapp
Foto : Kadiskoninfo saat bersama Bupati Malang
Foto : Kadiskoninfo saat bersama Bupati Malang

MALANGSATU.ID – Integrasikan Siskeudes dengan jaringan internet, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Dra Hj Aniswaty Aziz, M.Si yang mengatakan hal ini dilakukan untuk memenuhi target capaian yang tertuang dalam program pencegahan Koodinator Sub Pencegahan korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi yang di lakukan Korsubgah KPK, serapan Siskuedes di Kabupaten Malang masih sekitar 15,1 persen”, ujarnya, Jumat 288/2020.

Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Dra Hj Aniswaty Aziz, M.Si mengatakan bahwa tata kelola Dana Desa tersebut meliputi Publikasi DD 9%, Implementasi Siskeudes 41,7%, Implementasi Siswaskeudes 0%, Pengawasan 10%.

“Makanya, harapan Korsubgah KPK, Diskominfo diminta untuk membantu mengintegrasikan Siskuedes tersebut agar sistem pelaporannya bisa dilakukan dua arah, yaitu via online dan laporan fisik,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Dra Hj Aniswaty Aziz, M.Si menambahkan bahwa Korsubgah KPK agar mendapatkan support dari Ikon+ yang merupakan anak perusahaan PLN untuk mengintegrasikan di satu desa secara gratis, namun akhirnya berkembang menjadi satu kecamatan.

“Pilot projeknya kita pilih di wilayah Kecamatan Singosari meliputi 14 desa salah satunya Tunjungtirto”, ujarnya.

Aniswaty mengungkapkan, sebenarnya aplikasi Siskuedes tersebut sudah ada di sistem Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Jatim (BPKP), namun aplikasi Siskuedes tersebut tidak online.

“BPKP menyerahkan ke daerah untuk dintegrasikan dan kita sudah memberikan aksesnya secara online. Saat ini sudah sekitar 80 persen kita selesaikan,” pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait