Gelar Njagong Kemaritiman, BKNU Kabupaten Malang Gali Potensi Kemaritiman Malang Selatan

  • Whatsapp
Foto : BKNU Kab Malang gelar Njagong Kemaritiman
Foto : BKNU Kab Malang gelar Njagong Kemaritiman

MALANGSATU.ID – Peringati HUT RI yang ke 75, Pimpinan Cabang (PC) BKNU Kabupaten Malang, menggelar kegiatan sarasehan atau Njagong Kemaritiman, dengan Tema Peran NU dan kemaritiman di Kabupaten Malang dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, Minggu, 16/08/2020.
Acara ini bertempat di Pantai Kangen, Gedangan Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara ini, Ketua BKNU Kabupaten Malang, Muhamad Sjaichu, MM, beserta pengurus, Pengusaha Resto di Pantai Kangen, Abah nanang yang juga korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, H. Mahrus Ali, DPRD Kabupaten Malang Komisi III yang juga merupakan pengurus BKNU Kabupaten Malang, Dirut PDAM Kota Malang, Noor Muklas, M.Si, sekaligus sebagai Pemateri Utama, serta masyarakat sekitar Pantai Kangen.

Pada kesempatan tersebut, Noor Muklas, M.Si, mengantakan, BKNU harus terlebih dahulu memahami tentang kemaritiman.

“Sebelum jauh membahas Kemaritiman kita harus tau dulu apa itu Maritim, makna dari Maritim adalah 1/3 dari Wilayah Indonesia adalah laut maka Indonesia dikatakan negara Kemaritiman”, terangnya

Muhlas juga mengatakan bahwa gerakan BKNU di Tiga Bidang yakni Perekonomian, Politik dan Dakwah.

“Potensi laut diwilayah Malang Kabupaten sangat luar biasa dan itu harus kita gali dan kita manfaatkan semaksimal mungkin”, ujarnya.

“Hadirnya BKNU sebagai badan organisasi Nahdlatul Ulama yang bergerak dibidang kemaritiman harus bisa mendampingi masyarakat Nelayan dari segala Aspek yang berkaitan dengan Kelautan dan kesejahteraan Nelayan”, Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Unit Khusus Banser Maritim (Baritim) Kabupaten Malang, Imam Rofi’i, S.Pd.,S.P., mengtaakan bahwa pihaknya akan bersinergi untuk bergerak dibidang kemaritiman di Kabupaten Malang.

“Kami sangat mendukung dengan adanya giat ini, karena membincang kemaritiman di Kabupaten Malang yang memiliki potensi yang sangat luar biasa”, ujarnya.

Baritim, menurut Rofi’i akan bersinergi dalam pengembangan kemaritiman di Kabupaten Malang.

“Banser Maritim akan bersinergi dengan berbagai pihak dalam pengembangan kemaritiman di Kabupaten Malang”, ujarnya.

Sedangkan Ketua BKNU Kabupaten Malang, Muhamad Sjaichu, MM., mengatakan, bahwa acara ini memiliki tujuan menggali potensi pesisir pantai selatan dalam meningkatkan pendapatan pelaku nelayan ditengah pandemi Covid-19, yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan melakukan Audiensi kepada Pemkab Kabupaten Malang dan Kadin Kelautan Kabupaten Malang.

“Selainnya itu, BKNU harus berperan aktif dalam kepariwisataan khusunya di Kabupaten Malang, guna membantu pemerintah, melaksanakan dan menghimbau masayarakan utk melaksanakan protokol kesehatan, Harapannya dalam waktu singkat ke depan, ada hotel berbintang, guna meningkatkan daya tarik wisatawan pantai dan meningkatan nilai jual pantai, dan Tower sebagai sarana telekomunikasi dan pemantau keamamanan di Wilayah Pantai Selatan”, tandasnya.

Sebagai informasi, bahwa Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU), merupakan Organisasi atau Badan Nahdlatul Ulama yang bergerak dibidang Kemaritiman, dikukuhkan tanggal 03 Agustus 2019, untuk Wilayah Jawa Timur bertempat di Wisata Air ,Under Water Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait