Tahap Verfak, Bawaslu Kab Malang Temukan 142 Penyelenggara Pemilu Diduga Dukung Bapaslon Perseorangan

  • Whatsapp
Foto : Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva
Foto : Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva

MALANGSATU.ID – Dalam Tahapan Verifikasi Faktual dukungan bakal calon perseorangan, Bawaslu Kabupaten Malang menemukan 142 berkas penyelenggara pemilu yang diduga mendukung bakal calon perseorangan Pilkada Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva yang mengatakan, bahwa para penyelenggara pemilu mulai dari PPDP, PPK, PPS dan Panwascam yang berkasnya mendukung bakal calon perseorangan sudah dilakukan klarifikasi beberapa waktu lalu.

“Setelah dilakukan klarifikasi, mereka menyatakan tidak terlibat mendukung bakal calon perseorangan tersebut. Mereka juga sudah membuat surat pernyataan,” ujarnya, Senin 20/7/2020.

George Da Silva, menjelaskan, ada 142 penyelenggara pemilu yang diduga mendukung bakal calon perseorangan tersebut ditemukan saat berlangsungnya proses verifikasi faktual.

“Dalam proses verfak ini, kami dari Bawaslu melakukan fungsi dan tugas sebagai pengawasan jalannya tahapan Pilkada tersebut,” jelasnya.

Menurut George Da Silva, bahwa temuan tersebut melalui verifikasi faktual dengan melakukan verifikasi administrasi formulir C1.KWK yang telah diserahkan oleh bakal calon perseorangan.

“Form C1.KWK ini sebagai surat pernyataan dukungan kepada pasangan calon perseorangan. Setelah dicek, terdapat penyelenggara Pemilu tersebut,” ungkapnya.

George Da Silva mengatakan bahwa dari hasil temuan tersebut oihaknya akan membawa ke tahap Gakumdu.

“Maka dari itu, temuan ini akan kami bawa ke Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu,” ujarnya.

Menurutnya, saat dibahas di Gakumdu tersebut nantinya akan diketahui apakah ada unsur pelanggaran yang dilakukan bakal calon perseorangan atau tidak. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait