Peduli Lingkungan, Pokmas Banyol Tanam Ribuan Bibit buah

  • Whatsapp
Foto : Pokmas Banyol bersatu tanam bibit buah
Foto : Pokmas Banyol bersatu tanam bibit buah

MALANGSATU.ID – Didasari dari sebuah keinginan untuk tidak hanya mengambil dari alam tapi mencoba memberi kepada alam, segenap anggota Pokmas Banyol Bersatu-Desa Wonorejo bersama semua elemen masyarakat bergotong royong bersama-sama melaksanakan Reboisasi atau Penanaman bibit buah-buahan, Minggu 26/7/2020.

Bacaan Lainnya

Penanaman bibit buat ini dihadiri Samsul Hadi (Kades Wonorejo) serta perangkat desa yang lain. Bibit Nangka, Durian dan Rambutan sejumlah 3000 adalah bantuan dari Jasa Tirta Malang.

Abdul Halim, Sekdes Wonorejo menyampaikan bahwa dengan Reboisasi ini diharapkan kelestarian alam disekitar aliran sungai dan mata air dapat tetap terjaga sehingga ekosistem dan tangkapan air bisa semakin baik.

“Penanaman pohon ini dilaksanakan disekitar Sumber Tretes desa Wonorejo. Dengan ditanamnya jenis pohon buah diharapkan masyarakat akan semakin giat untuk melakukan perawatan tanaman sampai kelak membentuk hutan dan dapat diambil produksi buahnya untuk menunjang kesejahteraan masyarakat sekitar”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Banyol Bersatu, yang akrab dipanggil Gus Deni mengatakan bahwa sumber Tretes berada di lereng barat pegunungan Bromo masuk dalam kawasan desa kuno yang disebut dibeberapa prasasti dimasa Mataram kuno abad ke IX yaitu Walandit yang sekarang menjadi Desa Wonorejo dimana Prasasti Muncang (Tahun 944 M) ditemukan.

“Penanaman bibit pohon buah ini akan mendorong terciptanya kondisi seperti ungkapkan ‘Ada pohon ada air, ada air ada kehidupan, ada kehidupan ada kesejahteraan’,” ujarnya.

Sedangkan menurut Yuni Kuswandi, S.Sos, selaku Pendamping Desa Kecamatan Singosari menambahkan, untuk selanjutnya secara swadaya masyarakat akan membudidayakan tanaman endemik seperti Bendo, Ringin dan Lo.

“Nantinya juga akan disebar disekitar sumber Air Tretes sebagai tanaman penangkap air”, tandasnya.

Di akhir kegiatan mBah Jono juru kunci Sumber Tretes menyampaikan, rawatlah alam agar alam merawat kita dan ingat sopo sing nandur bakal cukul. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait