Mudahkan Konsultasi Kesehatan Masyarakat, Bupati Malang Buka Program Tele Sehat Dari Kementrian Kesehatan

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi Buka program tele sehat
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi Buka program tele sehat

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, HM Sanusi membuka kegiatan Sosialisasi Tele Sehat Desa bersama Gerakan Wanita di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu 22/7/2020 malam.

Bacaan Lainnya

Bupati Malang hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Ibu Hj. Anis Zaida Sanusi, juga tampak hadir alam kesempatan tersebut, Jajaran Forkopimda beserta para istri, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Malang, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Malang, Ibu-Ibu Bhayangkari dan Persit Chandra Kirana, Ketua PKK Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber atau pemateri, yakni Dr. Syifa Mustika, Sp, PD, KGEH, FINASIM Selayang Pandang tentang Covid-19 selaku Dosen FKUB dan Ketua Satgas NU Malang Raya, Joy Gabriel, S. Si. selaku Tenaga Ahli Perancangan Arsitektur dan Implementasi pada Sistem Aplikasi dan Big Data dalam Penanganan Covid-19, serta dr. Maria Mubaliqah yang merupakan Stafsus Kementerian Kesehatan Bidang Peningkatan SDM dan Kesehatan.

Bupati Malang dalam sambutanya menyampaikan bahwa Program tele sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini mempunyai banyak fungsi mulai dari edukasi yang menjelaskan tentang materi yang berkaitan dengan tatanan hidup baru untuk tetap beraktivitas pada kondisi pandemi.

“Aada konsultasi dengan dokter secara online seputar penyakit dan kesehatan secara gratis, kemudian memberikan informasi terkait faskes terdekat dan mempermudah untuk pelayanan cepat”, jelasnya.

“Program ini merupakan bagian dari digital health care yang mempermudah masyarakat di masa pandemi”, ujarnya.

Bupati Malang juga menyampaikan bahwa dengan program Tele sehat ini kita ikut menjalankan tugas mulia demi menyelamatkan khususnya masyarakat Kabupaten Malang dari serangan covid-19 yang sampai saat ini menunjukkan angka peningkatan yang cukup signifikan mulai dari PSBB.

“Peningkatan itu disebabkan karena tidak adanya disiplin melaksanakan protokol kesehatan, untuk itu semoga apa yang kita peroleh dari sosialisasi ini bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Bupati Makang, HM Sanusi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan ini, dimana hal tersebut merupakan wujud komitmen dan keseriusan bersama dalam upaya membangun wilayah kabupaten malang dan memerangi covid di masa tatanan hidup baru (new normal).

“Karena perlu disadari bahwa kedepan kita harus semakin siap dan sigap untuk mengatasi berbagai problem seiring dengan perubahan zaman yang begitu dinamis, apalagi belum diketahui kapan pandemi covid ini akan berakhir, meskipun vaksin sudah ditemukan tetapi belum dicoba bagaimana efektivitas vaksin tersebut, dan juga kemampuan menangkal covid ini,” terangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Buapti Malang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang sangat mendukung program tele sehat yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dimana program ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis digital yang memiliki nilai strategis dan efek positif dalam jangka panjang.

“Pertama untuk menciptakan persepsi dan pemahaman yang sama di kalangan masyarakat utamanya terkait penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, kedua, dalam rangka memperkuat koordinasi ditingkat jajaran muspika maupun tenaga medis di puskesmas, dan yang ketiga, merupakan sarana dalam meningkatkan pemantauan dan pengendalian covid-19 mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga pemerintah daerah”, terangnya.

Bupati Malang, HM Sanusi berharap dengan program ini mampu melakukan penanganan covid secara komperehensif dan simultan, dengan melibatkan peran wanita yang lebih ditekankan guna mendisiplinkan masyarakat khususnya dari kalangan bawah.

“Peran ibu-ibu ini menjadi sangat penting dengan memberikan edukasi misalkan melalui ibu untuk diinformasikan ke keluarganya (suami dan anak-anaknya),” tandasnya.

Program tele sehat ini dapat diakses melalui aplikasi https://telesehat.kemkes.go.id/. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait