KPU Kab Malang Selesaikan Rekapitulasi VerFak, Bapaslon Perseorangan Terancam Tak Lolos

  • Whatsapp
Foto : Ketua KPU Kab Malang, Anis Suhartini
Foto : Ketua KPU Kab Malang, Anis Suhartini

MALANGSATU.ID – KPU Kabupaten Malang selesaikan tahapan rekapitulasi verifikasi faktual bakal Pasangan Calon perseorangan, Heri Cahyono – Gunadi Handoko, Selasa 21/7/2020.

Bacaan Lainnya

Dari hasil rekapitulasi Verfak tersebut, bapaslon perseorangan yang mengusung tagline Malang Jejeg ini
mendapatkan 72.603 berkas dukungan yang dinyatakan sah. Sehingga bapaslon perseorangan masih kurang 57. 193 dukungan yang tidak lolos dalam verifikasi faktual tahap pertama.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengatakan bahwa hasil yang diperoleh dan dibacakan pada hari ini (21/7/2020) merupakan hasil sementara.

“Terkait kepastiannya masih menunggu pengajuan keberatan dari tim Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati, Heri Cahyono-Gunadi Handoko. Hasil sementara yang memenuhi syarat sekitar 72.000”, jelasnya.

Anis Suhartini menyampaikan bahwa untuk sementara tadi sudah disampaikan bahwa syarat minimal dukungannya itu adalah 129.796.

“Jika memang hari ini adalah finalnya seperti yang tercatat (72.603) berarti masih ada kesempatan melakukan pemenuhannya di perbaikan,” ujarnya.

Anis mengatakan bahwa sisa kekurangan yang harus dipenuhi oleh Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan harus dikalikan dua kali lipat untuk diserahkan pada momen verifikasi faktual nantinya di tahap kedua. 

Foto : Pelaksanaan Rekapitulasi verifikasi faktual dukungan bapaslon perseorangan di gedung paripurna DPRD Kan Malang

“Berapa yang harus dipenuhi adalah dua kali lipat dari kekurangan. Batas waktu tahapannya mulai dari penyerahan berkas dukungannya prosesnya seperti awal. Penyerahan awalnya 25 Juli sampai dengan 27 Juli itu untuk penyerahan berkas dukungan,” ungkapnya. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi verfak, yang lolos verifikasi faktual sekitar 72.603 dukungan, sementara disanya 57.193 suara dukungan yang harus dipenuhi oleh tim pemenangan dan angka itu harus dikalikan dua sehingga total yang diserahkan mencapai 114.386 ribu suara dukungan di tahap kedua, untuk memenuhi syarat dukungan sebanyak 129.796.

Anis menuturkan bahwa setelah berkas dukungan di serahkan pada tanggal 25-27 Juli 2020, seluruh berkas akan dilakukan verifikasi administrasi dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual. 

“Setelah itu verifikasi faktual untuk perbaikan ini dimulai tanggal 8 Agustus sampai 16 Agustus, waktunya lebih pendek hanya 8 hari,” terangnya.

Kemudian, Anis menjelaskan bahwa terkait suara dukungan dari para simpatisan yang menyatakan dukungannya kepada Heri Cahyono-Gunadi Handoko terdapat beberapa faktor yang menyebabkan suara dukungan tersebut diklasifikasikan sebagai TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

“Banyak faktor, disebabkan pekerjaan dia ASN salah satu pekerjaan yang tidak diperbolehkan menjadi pendukung. Kemudian dia tidak mendukung yang dibuktikan dengan surat pernyataan tidak mendukung di lampiran BA-5-KWK. Kemudian tidak dapat ditemui,” jelasnya.

Selain itu juga terdapat kategori suara dukungan diklasifikasikan sebagai TMS yakni ketika LO tidak dapat menghadirkan dan mengumpulkan orang yang mendukung untuk dikonfirmasi sampai batas akhir verfak oleh penyelenggara dan pengawas pemilu. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait