Didominasi Perkara Narkoba, Kejari Kab Malang Musnahkan Ribuan Barang Bukti

  • Whatsapp
Foto : Kejari Kab Malang musnahkan barang bukti
Foto : Kejari Kab Malang musnahkan barang bukti

MALANGSATU.ID – Kejari Kabupaten Malang musnahkan ribuan barang bukti dari 152 perkara yang didominasi penyalahgunaan narkoba, Kamis 16/7/2020.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang dibakar adalah 1903 gram ganja kering dari sejumlah perkara yang telah selesai. Kemudian Pil dobel L sebanyak 11292 butir serta obat-obatan terlarang lainnya. Kemudian barang bukti lainnya yang dimusnahkan merupakan hasil kejahatan lain seperti judi, pencurian dan perampokan.

Barang bukti yang dibakar tersebut telah selesai perkaranya dan memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Seperti yang disampaikan oleh Kasi Pidum Kejari Kabupaten Malang, Sobrani Binzar yang mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari 152 perkara selama periode bulan Januari hingga Juni 2020.

“Barang bukti yang dibakar ini sudah tidak memiliki nilai ekonomis, dan dikhawatirkan bila beredar lagi di masyarakat akan membahayakan,” terangnya.

Sobrani menyebutkan, dari total barang bukti tersebut terdapat 152 perkara, memang didominasi perkara narkotika. Sedangkan yang lainnya adalah perkara pidana umum.

“Pemusnahan barang bukti ini yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Kegiatan pemusnahan ini memang rutin dilaksanakan,” jelasnya.

Sobrani berharap, melalui pemusnahan barang bukti yang dilakukan Kejari Kabupaten Malang ini juga sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak disalahgunakan kembali. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait