Usai Dilantik Pj Sekda, Wahyu Hidayat Prioritaskan Penanganan Covid-19 dan Disiplinkan ASN

  • Whatsapp
Foto : Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Pj Sekda Kabupaten Malang
Foto : Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Pj Sekda Kabupaten Malang

MALANGSATU.ID – Prioritaskan penanganan Covid-19 menjadi tugas berat Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Pj Sekda Kabupaten Malang Usai dilantik oleh Bupati Malang, di Ruang Panji Pulangjiwo, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen, Kamis 4/6/2020.

Bacaan Lainnya

Pasca dilantik, Wahyu mengatakan ada dua program mendesak yang akan dilakukan dalam mengemban amanat barunya itu. Kedua program itu adalah mengatasi pandemi Covid-19 dalam fase new normal life dan mendisiplinkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kabupatan Malang.

“Saya akan langsung menghadapi pandemi Covid-19 ini sesuai arahan Bupati Malang. Kita akan sama-sama menghadapi pandemi ini agar bisa terkendali. Kita dihadapkan fase new normal life, jadi kita harus langsung tune-in,” ujarnya.

Sementara itu, untuk program kedua yakni mendisiplinkan ASN, menurutnya adalah mengecek kinerja ASN Kabupaten Malang, khususnya saat work from home (WFH).

”Akan kami evaluasi menyeluruh sejauh mana kinerja ASN saat program WFH berlangsung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, pihaknya akan memberi peraturan dan strategi baru terkait kebijakan WFH bagi ASN yang berakhir hari ini (4/6).

“Kami secepatnya merapatkan, apakah nanti program WFH ini akan diteruskan atau tidak. Karena program dari Menpan itu terakhir dilaksanakan hari ini. Ini nanti kaitannya kembali kepada kebijakan daerah. Nanti, bagaimana arahan Pak Bupati, kita tunggu bersama,” jelasnya.

Kemudian, Wahyu juga mengatakan bahwa dirinya siap bahu membahu menangani Covid-19 dengan TNI dan Polri.

“Strategi khusus tidak ada, tapi Perbup (Peraturan Bupati) kan sudah jelas apa yang harus dilakukan, kita mengacu pada SOP (Standard Operational Procedure) itu,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi menyebut pelantikan Plt menjadi Pj (Penjabat) ini sesuai surat resmi dari Pemerintah Provinsi Jatim.

“Pj ini setingkat diatas Plt. Pj ini masa jabatan tiga bulan sesuai dengan surat dari Gubernur. Nanti Pj ini dapat melaksanakan tugas-tugas Sekda sebagaimana biasanya,” jelasnya.

Bupati Malang berharap Wahyu bisa segera menjalankan tugas sesuai Tupoksi untuk membantu dan menjalankan tugas-tugas Bupati.

“Sekda ini punya peran mengaktualisasikan kebijakan Bupati. Jadi, Sekda harus memobilisasi dan mengkoordinasikan kegiatan SKPD sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh Bupati,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait