Sambut Kedatangan Santri, Ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Terapkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Foto : Suasana kedatangan santri di ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran
Foto : Suasana kedatangan santri di ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran

MALANGSATU.ID – Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi sambut kedatangan santri dengan teraokan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kedatangan santri Ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini merupakan kedatangan gelombang kedua untuk zona Malang Raya, Minggu 14/6/2020.

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang itu sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan santri.

Kedatangan santri di Pondok Pesantren Raudlatul ulum 1 dibagi dalam beberapa gelombang, diantaranya Gelombang I untuk seluruh pengurus dan Asatidz, gelombang II Meliputi Zona Malang Raya, Gelombang III meliputi wilayah Jawa Timur dan Gelombang Terakhir meliputi (Kalimantan, Jakarta, Lombok dan Banten).

“Jika ada yang bertanya siap, kami siap, karena ini sudah kewajiban Pondok”, ujar Nurul Imam, S. Kep., Ns.Tim Kesehatan Ponpes RU 1.

Sebelum memasuki lingkungan PPRU I, terlebih dahulu pihak pengurus bekerjasama dengan Puskesmas, Klinik Fasfini dan Banser Kecamatan Gondanglegi melakukan tahapan-tahapan guna memastikan santri yang baru datang tidak terpapar Covid-19.

Pertama para santri harus melakukan registrasi dengan menunjukkan Surat Keterangan Bebas Covid 19 dari Puskesmas, Surat Jalan dari Desa Asal santri. Setelah itu mereka disemprot dengan cairan disinfektan seluruh barang bawaannya. Tidak hanya itu saja, para Tim Kesehatan RU 1 mengecek suhu badan mereka.

Foto : Tim kesehatan ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran bersiap sambut santri di pintu gerbang pondok

“tahapan itu harus dilalui bagi santri yang kembali ke pesantren” jelasnya.

Pengurus pondok pesantren Raudlatul Ulum 1 menegaskan kepada santri yang kembali untuk mematuhi peraturan pesantren dan Protokol kesehatan seperti rutin untuk cuci tangan, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, dan pengurus pondok sudah menyiapkan ruang isolasi bagi santri yang datang.

Koordinator Tim Kesehatan, Nurul Imam, S. Kep., Ns memastikan seluruh santri bisa memenuhi peraturan pesantren dan Protokol Kesehatan.

“Setiap santri yang datang akan di Isolasi Mandiri selama 14 hari di ruangan yang disediakan dan Pemberian Vitamin untuk menambah imun santri”, jelasnya.

Nurul Imam menambahkan, selain menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga mengharuskan santri untuk berolahraga di area pesantren sambil memanaskan badan.

“Olah raga itu penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka akan terhindar dari serangan penyakit”, tuturnya.

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1, yang merupakan almamater dari Bupati Malang, HM Sanusi, selain menyelenggarakan pendidikan salaf (diniyah), juga memiliki lembaga pendidikan formal, yaitu RA, MTs, SMP, MA, SMK, dan Institut Agama Islam Al-Qolam (IAI Al-Qolam Malang). (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait