PCTA Gelar Pelatihan Pengelolaan Website dan Pemanfaatan ICT Bagi Remaja Masjid

  • Whatsapp
Foto : M. Iksan, pengasuh padepokan cinta tanah air saat membuka pelatihan
Foto : M. Iksan, pengasuh padepokan cinta tanah air saat membuka pelatihan

MALANGSATU.ID – Padepokan Cinta Tanah Air (PCTA) Curungrejo Kepanjen, Gelar pelatihan pengelolaan website dan pemanfaatan ICT bagi remaja masjid, yang dilkasanakan di Padepokan Cinta Tanah Air, Kamis, 18/06/2020.

Bacaan Lainnya

M. Iksan, pengasuh Padepokan Cinta Tanah Air menyampaikan bahwa saat ini pemanfaatan website bagi organisasi atau institusi untuk publikasi kegiatan dan program menjadi suatu keharusan dan merupakan faktor yang sangat penting.

“Sehingga lembaga, institusi termasuk organisasi kemasjidan harus mampu memanfaatkan teknologi website untuk menyalurkan, dan mendistribusikan informasi serta pelayanan jamaah ataupun umat”, ujarnya.

Menurut M. Iksan bahwa saat ini peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang keorganisasian mengacu pada penggunaan teknologi informasi yang diatur dengan UU tentang IT, dengan memanfaatkan teknologi intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya.

“Mengingat pentingnya pemanfaatan website bagi organisasi untuk mempublikasikan kebijakan dan informasi dasar yang diperlukan oleh masyarakat, maka Padepokan Cinta Tanah Air bekerjasama dengan Universitas Islan Raden Rahmat (Unira) Malang menggelar Pelatihan Pengelolaan Website dan Pemanfaatan ICT Tingkat Dasar bagi Pemuda Desa Curungrejo terutama aktivis Remaja Masjid Jami Baiturrahim Curungrejo”, jelasnya.

M. Iksan menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website.

“Harapannya semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan Website Masjid”, tuturnya.

Lebih lanjut, M. Iksan mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan ini dilakukan secara bertahap.

“Kita lakukan secara bertahap, dilakukan 2 sampai 3 kali, yang dibimbing oleh Erick Priyanto, dari Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang”, terangnya.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, menurut M. Iksan, pengasuh Padepokan Cinta Tanah Air ini berharap kepada peserta, yang rata-rata masih muda, untuk mengikuti dengan baik, sehingga ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan dikembangkan untuk kepentingan dakwah.

“Saya berharap adik-adik yang mengikuti pelatihan dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan dengan benar”, harapnya.

M. Iksan meminta kepada anak-anak muda ynag mayoritas remjaa masjid ini untuk menyumbangkan ilmu yang didapat untuk pengembangan pengelolaan media informasi yang ada di masjid Baiturrahim Curungrejo.

“Saya hanya minta waktu dan ilmunya 5% saja untuk digunakan membantu mengelola media informasi milik Masjid Jami’ Baiturrahim Curungrejo, baik Website, Youtube, FB maupun, Instagram yang telah dilaunching beberapa hari lalu, selebihnya ilmu dan pengetahuan yang dapatkan nanti untuk kebutuhan sekolah, maupun kebutuhan pekerjaan mereka, karena mereka nantinya juga akan masuk dunia kerja”, tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait