Pansel Sekda Kab Malang Selesaikan Tahapan Seleksi, Wahyu Peringkat Tertinggi

  • Whatsapp
Foto : Wahyu Hidayat, Om Sekda Kab Malang saat bersama Bupati Malang, HM Sanusi
Foto : Wahyu Hidayat, Om Sekda Kab Malang saat bersama Bupati Malang, HM Sanusi

MALANGSATU.ID -Seleksi calon Sekda Kabupaten Malang telah memasuki babak baru setelah pansel menyelesaikan tahapan seleksi dengan mengeluarkan keputusan yang tertuang dalam Surat Keputusan Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekda Kabupaten Malang Tahun 2020 bernomor 12/PANSEL/JPTP-MLG/VI/2020.

Bacaan Lainnya

Surat tersebut ditanda tangani oleh Ketua Pansel JPTP Sekda Kabupaten Malang Tauchid Djatmiko, Senin 29/6/3/2020.

Dalam Surat keputusan tersebut, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM menempati urutan pertama dari tiga nama yang memiliki peringkat tertinggi dalam seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Malang Tahun 2020.

Berurutan dibawahnya yakni masing-masing Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Nurman Ramdansyah SH MHum dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara.

Tiga nama pejabat tersebut oleh Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekda Kabupaten Malang Tahun 2020 diserahkan ke Bupati Malang, HM Sanusi MM untuk kemudian dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kemudian, siapa pun yang nantinya akan dipilih, selanjutnya menjadi hak prerogatif bupati untuk menentukan pilihannya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM. menanggapi surat edaran tersebut, mengatakan bahwa seleksi tersebut sesuai tahapan yang ditetapkan oleh pansel.

”Mulai dari seleksi administrasi, rekam jejak, assessment, juga paparan dan program kerja,” ujarnya, Senin 29/6/2020.

Wahyu Hidayat menambahkan, bahwa
dalam seleksi tersebub Beberapa poin yang ditekankan pansel di antaranya berkaitan dengan tugas-tugas serta penguasaan birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

”Prioritas berkaitan dengan visi misi bupati, karena sekda ini dalam pelaksanaannya harus bisa menerjemahkan keinginan bupati. Salah satunya terkait dengan merealisasikan Kepanjen sebagai Ibu Kota Kabupaten Malang,” terangnya.

Pada poin kedua, Wahyu Hidayat mengangkat tema terkait rencana pengembangan iklim investasi di Kabupaten Malang.

”Yang ketiga terkait loyalitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN). Dan yang keempat terkait dengan sinergitas antarorganisasi perangkat daerah (OPD), baik secara vertikal maupun horizontal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu Hidayat, Pj Sekretaris Daerah, menegaskan, bahwa selama menjabat Pj Sekda yang masih sebulan, bahwa strategi pentahelix juga harus menjadi prioritas dan napas baru dalam proses berjalannya birokrasi di lingkungan Pemkab Malang.

Prioritas selanjutnya berkaitan dengan persiapan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2020 dalam waktu dekat harus segera dipersiapkan. Prioritas utama lainnya berkaitan dengan persiapan pilkada.

”Yang utama kami harus melakukan evaluasi kinerja ASN, kaitannya dengan work from work (WFH) dan work from office (WFO) karena di dalamnya ada target kinerja, termasuk soal disiplin ASN,” pungkasnya. (*)

Unira Malang

Pos terkait