Launching Website Masjid, Takmir Masjid Jami Baiturrahim Curungrejo Kembangkan Media Dakwah

  • Whatsapp
Foto : Takmir Masjid Baiturahim launching website masjid
Foto : Takmir Masjid Baiturahim launching website masjid

MALANGSATU.ID – Masjid sebagai pusat peradaban Islam, memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah perkembangan agama Islam.

Bacaan Lainnya

Sebagai pusat dakwah, Masjid harus terus mengikuti perkembangan zaman dalam pengembangan dakwahnya, terlebih pada era digitalisasi ini masjid dituntut untuk beradaptasi dengan tehnologi.

Oleh karenanya, Takmir masjid Jami Baiturahim Desa Curungrejo Kepanjen lakukan inovasi dengan kembangkan media dakwahnya denga melaunching Website resmi Masjid Bauturahim.

Ketua Takmir Masjid Baiturahim Curungrejo Kepanjen, M. Ikdan menyampaikan bahwa masjid merupakan pusat peradaban dan dakwah Islam, maka harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Kami yang diberi amanah untuk mengurus masjid, terus berupaya untuk kembangkan tatakelola masjid yang lebih baik dan modern”, ujarnya, Minggu 14/6/2020.

M. Iksan mengatakan bahwa saat ini era nya dakwah virtuaal dengan memanfaatkan tehnologi, maka masjid sebagai pusat dakwa harus terus berbenah.

“Dengan terus berbenah dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, maka peran masjid sebagai pusat dakwah tidak akan kehilangan fungsinya”, ujarnya.

Menurut M. Iksan, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah ritual saja.

“Fungsi masjid sebagai pusat kegiatan sosial dan peradaban telah berlangsung sejak zaman Rasulullah dan terus berkembang”, jelasnya.

M. Iksan menyampaikan bahwa selain sebagai sarana keagamaan yang memiliki makna strategis, masjid juga mempunyai peran dan berfungsi sebagai pusat kegiatan dakwah dan pusat pengembangan budaya, serta juga sebagai pusat informasi sebagai upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kehidupan umat Islam.

“Karenanya, upaya peningkatan peran masjid harus terus menerus dilakukan agar masjid dapat menjadi pusat penggerak masyarakat menuju masyarakat madani dengan ridha Allah SWT.”, tuturnya.

Foto : Masjid Baiturahim Curungrejo Kepanjen Kab Malang

Melalui masjid juga, menurut M. Iksan bisa berbuat banyak untuk menghalau atau membentengi serangan-serangan budaya yang dapat menyesatkan umat Islam itu.

“Hanya saja untuk menjadikan masjid dalam posisi tersebut, umat Islam memerlukan informasi dan strategi dalam mengahadapi serangan informasi sekulerisme dan faham keagamaan yang tidak mungkin kita bendung dari berbagai penjuru itu”, jelasnya.

Peran media informasi yang bernuansa Islami diera persaingan informasi ini, Menurut M. Iksan, institusi masjid harus tanggap dan secara cerdas mengoptimalkan media informasi dengan tetap mengedepankan kaidah-kaidah Islam untuk bergerak maju di garis depan, memandu ummat.

“Teknologi dan informasi berbasis kaidah islam harus menjadi referensi utama ditengah derasnya arus pergumulan ide dan perkembangan pemikiran dari berbagai ideologi global”, ujarnya.

Maka dari itu, Takmir Masjid Jami’ Baiturrahim Curungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang merasa terpanggil untuk memberikan satu alternative informasi dan dakwah Islam dengan mengoptimalkan pemanfaatan dan mengembangkan media Teknologi, informasi dan komunikasi, sebagai perantara antara institusi masjid dengan jamaah maupun umat secara umum.

Selain daripada itu, M. Iksan juga menyampaikan bahwa diantara maksud dan tujuan dibuatkan Web Masjid adalah sebagai media transparansi pengelolaan keuangan masjid yang harus dipertanggungjawabkan kepada umat.

“Maka dari itu website masjid juga dibuat menu khusus terkait dengan laporan keuangan masjid, agar siapapun dimanapun dapat mengakses kondisi keungan masjid bahkan yang yang ada diluar negeri sekalipun karena banyak warga juga Warga Desa Curungrejo yang berada di beberapa negara lain, ataupun yang berada di propinsi lain”, jelasnya.

Lebih lanjut, M. Iksan mengagakan bahwa Pengembangan Website Masjid ini didukungan oleh Universitas Islam Raden Rahmat (Unira Malang) dengan menugaskan Erick Priyanto sebagai ahli multi media yang dimiliki oleh Unira Malang.

Masyarakat atau jamaah masjid Baiturahim Curungrejo Kepanjen Kabupaten Malang dapat mengakses informasi dan mengunjungi website resmi media dakwa Masjid Baiturahim di www.masjidjamibaiturrahim.id. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait