Gelar Webinar Kesiapan Lembaga Pendidikan Hadapi New Normal, Unira Malang Siapkan Smart Campus

  • Whatsapp
Foto : Webinar Kesiapan lembaga pendidikan hadapi new normal unira malang
Foto : Webinar Kesiapan lembaga pendidikan hadapi new normal unira malang

MALANGSATU.ID – Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang siapkan samrt campus dalam menghadapi masa new normal untuk proses perkuliahan.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Rektor Unira Malang, DR. Hasan Abadi dalam webinar yang bertemakan Kesiapan Lembaga pendidikan hadapi neew normal, dimana Rektor Unira Malang sebagai salah satu nara sumbernya.

Dalam Webinar yang dimoderatori oleh ketua Korpri PMII Kabupaten Malang, Azizah zamzam tersebut, Rektor Unira Malang mengatakan bahwa kampus Unira Malang siapkan smart campus dalam proses perkuliahannya.

“Kami sebenarnya sudah menerapkan perkuliahan daring atau online sebelum adanya pandemi ini”, ujarnya.

Rektor Unira Malang melanjutkan bahwa sebelum adanya pandemi pihaknya sudah mengeluarkan edaran bahwa dosen dikampus unira malang boleh melaksanakan perkuliahan secara online.

“Sudah ada kebijakan dari kami bahwa dosen boleh melakukan perkuliahan secara daring atau online, porsinya adalah 45 persen daring dan 55 persen tatap muka”, jelasnya.

Maka ketika terjadi pandemi, menurut Hasan Abadi, yang mengharuskan adanya physical distancing, kampus unira malang sudah siap.

“Ketika pandemi ini melanda, kami sudah siap dengan perkuliahan online”, ujarnya.

Namun demikian, dilingkungan kampus Unira Malang, juga disiapkan fasilitas protokol kesehatannya.

“Bagi siapa saja yang masuk kampus Unira Malang, wajib pakai masker”, ujarnya.

Dalam menghadapi masa new normal ini, menurut Rektor Unira Malang ini, bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan segala sesuatunya.

“Kebijakan yang kami keluarkan adalah dengan memberikan dua pilihan bagi dosen, pertama kuliah online dan kedua boleh kuliah dengan offline atau tatap muka.

“Kami berikan kelonggaran itu, namun bagi yang melaksanakan perkuliahan secara offline atau tatap muka harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah disiapkan”, jelasnya.

Bahkan kedepan, menurut Hasan Abadi, untuk kampus dua Unira Malang akan di konsep sebagai kampus yang smart.

“Untuk kampus dua nanti, konsepnya adalah smart campus, jadi baik dosen maupun mahasiswanya sudah tidak lagi ribet dengan kertas, akan tetapi sudah pakai tehnologi yang ada”, ujarnya.

Hasan menambahkan bahwa kedepan, dikampus dua unira Malang setiap dosen dan mahasiswa sudah melakukan perkuliahan pakai teknologi.

“Memanfaatkan teknologi yang sudah ada, cukup bawa laptop atau gudged yang sudah dimiliki oleh mahasiswa”, ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor Unira Malang ini mengatakan bahwa kita sudah saatnya memanfaatkan teknologi yang ada, bukan malah dimanfaatkan.

“Dikampus dua kita konsep seperti itu, sehingga kampus kami akan siap jika terjadi seperti sekarang ini, sudah saatnya kita manfaatkan teknologi, bukan dimanfaatkan”, pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait