Dampak Pandemi Covid-19, CJH Kabupaten Malang Gagal Berangkat

  • Whatsapp
Foto : Kepala Kemenag Kab Malang, Mustain
Foto : Kepala Kemenag Kab Malang, Mustain

MALANGSATU.ID – Pemerintah melalui kementrian Agama telah memutuskan tidak ada pemberangkatan calon jamaah haji pada tahun ini dan ditunda pada tahun depan, hal ini berdampak pada 1.949 orang calon jamaah haji (CJH) dari Kabupaten Malang yang otomatis gagal berangkat haji tahun ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Kemenag Kabupaten Malang Musta’in, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa atas keputusan pemerintah tersebut, dipastikan 1.949 calon jamaah haji asal Kabupaten Malang gagal berangkat haji tahun ini.

“Ada 1.949 jamaah calon haji yang batal berangkat tahun ini. Dari jumlah yang sudah melunasi sudah 90 persen, yakni 1.609,” jelasnya, Selasa 2/6/2020.

Menurut Musta’in, dengan adanya penundaan itu, ada dua opsi bagi jamaah haji yang gagal berangkat. Pertama, mereka bisa menunggu pada tahun 2021. Kedua, uang mereka yang telah dilunasi bisa dikembalikan.

“Untuk proses pengembaliannya nanti kami bahas bagaimana teknisnya,” ujarnya.

Pemerintah mengambil keputusan tidak memberangkatkan calon jamaah haji tahun ini dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya pemerintah Arab Saudi hingga saat ini masih belum membuka akses bagi negara mana pun terkait pandemi Covid-19. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait