Bupati Malang : Konsep Pesantren Tangguh Bisa Tekan Penyebaran Covid-19 di Pesantren

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang saat meninjau ponpes di Dampit
Foto : Bupati Malang saat meninjau ponpes di Dampit

MALANGSATU.ID – Pesantren tangguh menjadi konsep yang dikembangkan dalam menyambut kedatangan santri baru dan diyakini konsep pesantren tangguh ini dapat mengurangi penyebaran covid-19 dipesantren.

Bacaan Lainnya

Seperti yang sampaikan oleh Bupati Malang, HM Sanusi yang memastikan seluruh pondok pesantren di Kabupaten Malang menerapkan protokol kesehatan atau menerapkan Pesantren Tangguh.

”Seluruh Pesantren sudah diberikan sosialisasi dan edukasi dalam penerapan pesantren tangguh”, ujarnya, Selasa 17/6/2020.

Bupati Malang mengatakan bahwa dirinya sudah mengunjungi beberapa pondok pesantren dan salah satunya pondok didampit.

“Dipondok pesantren yang akan menyambut kedatangan santrinya, mulai dari pintu masuk sampai ke dalam sudah menerapkan protokol kesehatan. Di dalam (ponpes) juga ada kamar isolasi, itu (penerapan protokol kesehatan) sudah ada semua,” terangnya.

Melihat hal tersebut, Bupati Malang, HM Sanusi yakin penyebaran Covid-19 di pondok pesantren bisa ditekan. Sebab, konsep Pesantren Tangguh tersebut mengatur protokol kesehatan sejak awal santri kembali masuk ke ponpes. Salah satunya adalah pengecekan suhu badan dengan thermo gun dan kondisi kesehatan para santri paska kembali ke kampung halaman.

”Pesantren Tangguh itu adalah pesantren yang menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan melakukan physical distancing secara ketat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Buoati Malang menyampaikan bahwa puluhan ribu santri diagendakan mulai kembali ke Ponpes secara bertahap sejak Senin 15/6/2020.

”Para santri sudah ada yang kembali ke pesantren secara bertahap”, terangnya.

Menurut Bupati Malang, Pengasuh, pengurus pesantren dan santri sudah melakukan konsep Pesantren Tangguh.

“Para santri yang kembali juga sudah diperiksa kesehatannya oleh petugas puskesmas setempat dan Dinkes Kabupaten Malang,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait