Warga Desa Ardimulyo Ceria, BLT-DD Cair

  • Whatsapp
Foto : Penyerahan BKT-DD kepada warga ardimulyo
Foto : Penyerahan BKT-DD kepada warga ardimulyo

MALANGSATU.ID – Warga Desa Ardimulyo Kecamatan Singosari terlihat ceria karena BKT-DD cair, pencairan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut bertempat di gedung serba guna Desa Ardimulyo, Jumat 15/5/2020.

Bacaan Lainnya

Menjadi hari yang istimewa bagi Pemerintahan Desa Ardimulyo Singosari dan 117 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Atas kerja sama dan sinergi semua fihak yang telah melalui proses panjang ditengah banyaknya regulasi dan aturan, mulai dari Permendes, Permendagri, Permenkeu, SE KPK dan SE Bupati Malang, desa Ardimulyo dapat mencairkan dan menyalurkan BLT-DD tahun 2020 kepada 117 KPM.

Tampak hadir dalam distribusi BLT-DD tersebut seluruh elemen Masyarakat, diantaranya Babinsa, Babinkamtibmas, pihak Kecamatan Singosari, Pendamping Ahli P3MD Kabupaten Malang, dan tim pendamping desa Kecamatan Singosari, hadir pula Korprov P3MD Jatim, Andry Dewanto Ahmad, SH.

Menjadi istimewa karena Pemdes Ardimulyo merupakan desa pertama yang menyalurkan BLT-DD di wilayah Kecamatan Singosari.

Foto : Korprov Jatim PMD, Andre Dewanto Ahmad memberikan pengarahan

Anggaran Dana Desa sebesar 210 jt ditetapkan melalui proses Musdes-Khusus dan Musrenbangdes-Khusus untuk alokasi BLT-DD dengan pedoman Cepat dan Tepat.

Cepat karena sesuai himbauan dari Menteri Desa PDTT agar segera bisa dirasakan manfaatnya dan Tepat sasaran kepada warga yang belum menerima PKH, BPNT dan NST serta keluarga miskin yang terdampak Covid-19 sehingga kehilangan mata pencahariannya.

Andry Dewanto Ahmad, SH selaku Korprov P3MD Jawa Timur berharap agar dana sebesar Rp. 600.000 per bulan yang diterima selama 3 bulan, dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan dasar.

“Kami bergarap tidak dipergunakan untuk keperluan konsumtif lain yang tidak sesuai dengan tujuan diturunkannya program”, ujarnya.

Riyanto, Kades Ardimulyo juga menghimbau agar dana BLT-DD dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Foto : Penerima BLT-DD tetap mematuhi protokol kesehatan

“BLT-DD yang diberikan kepada 117 KPM adalah wujud empati dan keinginan mendalam Kemendes PDTT dan Pemdes untuk bisa ikut meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid-19”, ujarnya.

Riyanto, menyamoaikan bahwa Desa Ardimulyo atas pertimbangan keamanan dan kesehatan menyepakati pencairan BLT DD dilakukan secara Cashless bekerja sama dengan fihak Bank BRI Unit Singosari.

“Dalam penyaluran BLT-DD tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing”, ujarnya.

Sementara itu, Yuni Kuswandi S.Sos, sebagai Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) berharap dengan sangat agar semua data penerima bantuan baik dari Kemensos seperti PKH, BPNT, BST dan BLT-DD yang bersumber dari Dana Desa dapat dipasang di papan pengumuman oleh semua desa.

“Tujuannya agar masyarakat dapat ikut mengawasi serta sebagai wujud transparansi dan keterbukaan informasi Publik”, tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait