Sejarah Baru Di Bumi Singosari, Cairkan BLT-DD Serentak Di 8 Desa

  • Whatsapp
Foto : Salah satu Desa di Singosari yang mencairkan BLT-D
Foto : Salah satu Desa di Singosari yang mencairkan BLT-D

MALANGSATU.ID – Sejarah terukir di Bumi Singhasari, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20/5/2020, 8 Desa di Kecamatan Singosari secara serentak cairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Yuni Kuswandi, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Singisari yang mengatakan bahwa pencairan BLT-DD sebagai goal akhir dari proses panjang yang dilakukan oleh Desa dalam mematuhi permendes No.6/2020.

“Pencairan BLT-DD yang dilakukan secara serentak oleh 8 Desa di Kecamatan Singosari secara serentak adalah sejarah baru”, ujarnya.

Yuni Kuswandi mengatakan bahwa ada tujuan mulia yang telah dilakukan oleh Desa, Pemdes dengan semua stakeholder yang ada, yakni ingin ikut andil dalam meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

“Mereka mengikhlaskan diri untuk berjibaku dengan berbagai aturan dan regulasi yang turun secara sporadis untuk mengawal dan menjaga serta memastikan pelaksanaan dan penyaluran BLT-DD secara cepat dan tepat”, jelasnya.

Yuni Kuswandi, berharap agar semua bantuan yang ada dapat bersinergi sehingga tidak terjadi lagi tumpang tindih dalam pelaksanaannya.

“Kedepan kita berharap tidak ada lagi carut marut dalam kemunculan data dari semua bantuan, agar desa sebagai pemerintahan terendah tidak lagi direpotkan dengan data ganda dan masih adanya penerima bantuan yang sudah tidak lagi layak menerima”, tandasnya.

Sementara itu, Kades Baturetno Kecamatan Singosari berharap agar ditengah pendemi ini BLT-DD bisa meringankan beban masyarakat.

“Semoga bantuan ini bermanfaat, terlebih kepada masyarakat yang selama ini belum mendapatkan bantuan”, ujarnya.

Pak Solehan begitu beliau biasa disapa berharap agar program BLT-DD ini dapat diperpanjang untuk merecovery warga terdampak covid-19.

“Dalam sejarah perguliran Dana Desa, baru tahun ini diperbolehkan disalurkan sebagai bantuan langsung tunai kepada warga masyarakat”, ujarnya.

Begitu juga yang disamoaikan oleh Kades Baturetno, Samsul Hadi, ST. Bahwa PemerintahDesa berupaya secara maksimal agar BLT-DD dapat cair sebelum lebaran.

“Kami ingin seluruh warga dapat memasuki lebaran dengan suka cita, hal ini sebagai wujud tanggung jawab sebagai pemegang pucuk pimpinan di desa Gunungrejo”, ujarnya.

Samsul menambahkan, untuk melakukan hal tersebut, dirinya rela door to door mendatangi warga terdampak penerima BLT-DD, dan secara langsung memberikan BLT-DD.

“Semua ini adalah berkat kerjasama dari semua pihak sehingga Desa yang berada dilereng barat Gunung Arjuno ini dapat menyalurkan BLT-DD tepat sebelum Lebaran”, tandasnya.

Pencairan BLT-DD secara serentak di 8 Desa Kecamatan Singosari ini adalah Desa Baturetno, Desa Tamanharjo, Desa Langlang, Desa Klampok, Desa Gunungrejo, Desa Banjararum, Desa Randuagung dan Desa Watugede, Sebelumnya sudah ada 6 desa yang sudah melakukan hal yang sama. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait