Lima Desa Di Gondanglegi, Tuntaskan Penyaluran BLT-DD Kepada Warga Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Foto : Pemdes Urek-urek salurkan BLT-DD kepada warga terdampak
Foto : Pemdes Urek-urek salurkan BLT-DD kepada warga terdampak

MALANGSATU.ID – Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak di Kecamatan Gondanglegi kepada 782 KK tuntas dilaksanakan, Kamis 21/5/2020.

Bacaan Lainnya

BLT-DD yang disalurkan kepada 782 KK warga terdampak Covid-19 tersebut tersebar di 5 desa, yaitu Desa Urek-urek, Desa Putukrejo, Desa Bulupitu, Desa Ganjaran dan Desa Ketawang.

Kepala Desa Bulupitu, Abdur Rokhman, SPd mengatakan, bahwa program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini sangat kecil kemungkinanannya akan tumpang tindih dengan bantuan yang lain, karena sudah melaui mekanismenya dan proses verifikasi dan validasi dalam Musyawarah Desa Khusus.

“Penerima BLT Dana Desa adalah mereka yang miskin dan kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19 dan tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Dari situ jelas sekali bahwa penerima BLT Dana Desa tidak akan tumpang tindih dengan penerima bantuan lainya,” jelaasnya.

Dia mengatakan, sasaran utama penerima  BLT ini adalah keluarga miskin yang belum pernah tercatat menerima bantuan pemerintah. Misalnya Program Keluarga Harapan (PKH) atau program Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT) dan bantuan sosial lainnya.

“Selain itu, mekanisme pendataan penerima manfaat berbasis RT/RW diyakini lebih akurat. Mengingat mereka lebih memahami kondisi keluarga yang dikatakan layak menerima bantuan sosial dari anggaran dana desa ini”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Urek-urek Kec Gondanglegi H. Riyanto mengatakan bahwa penyaluran BLT-DD sebelum hari Raya, ini merupakan Instruksi dari pemerintah pusat.

“Kami bekerja keras dan berupaya agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bisa tersalurkan secara maksimal sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Walaupun hari ini hari libur, penyaluran BLT-DD ini tetap kami laksanakan”, ujarnya.

Kades Urek-urek mengatakan bahwa dari beberapa warga yang kami temui, ada seorang wanita paruhbaya yang menjadi penerima manfaat BLT-DD ini.

Istiqomariah, warga dusun Baran Desa Urek Urek, seorang grab wanita dengan 3 orang anak yang merupakan salah satu warga penerima BLT Dana Desa. mengatakan bahwa pekerjaannya sekarang menjadi sepi tidak ada penumpang karena terdampak pandemi covid-19.

“Alhamdulillah, Bantuan ini betul-berul sangat bermanfaat bagi keluarga saya, apalagi kondisi pekerjaan saya sekarang benar-benar terdampak langsung karena adanya covid-19 ini”. Terangnya.

Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Urek-Urek disalurkan dengan cara Tunai.

Hadir dlm acara tersebut Sekretaris Camat Gondanglegi, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa.

Drs. Sunardi, Sekcam Gondanglegi menyampaikan bahwa hari ini, serentak dilaksanakan penyaluran BLT-DD di lima desa.

“Hari ini dilaksanakan penyaluran BLT Dana Desa Tahap 1 secara serentak di 5 Desa se Kecamatan Gondanglegi, yaitu Desa Bulupitu (158 KK), Desa Ganjaran (155 KK), Desa Putukrejo (143 KK), Desa Urek Urek (181KK) dan Desa Ketawang (145 KK). Saya berharap semua berjalan lancar dan tepat sasaran” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait