Jelang New Normal, Fraksi PKB DPRD Kab. Malang minta Pemkab Malang Perhatikan Pondok Pesantren

  • Whatsapp
Foto : H. Abdullah Satar, SE ketua Fraksi PKB Kab malang
Foto : H. Abdullah Satar, SE ketua Fraksi PKB Kab malang

MALANGSATU.ID – Jelang new normal pada masa transisi pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Malang, H. Abdulloh Safar, SE. meminta Pemerintah Kabupaten Malang segera menyiapkan skema tatanan normal baru (New normal) dilingkungan pondok pesantren sebelum aktifitas belajar-mengajar dilakulan kembali.

Bacaan Lainnya

H. Abdullah Satar, ketua Fraksi OKB DPRD Kabupaten Malang mengatakan bahwa Pondok pesantren di Kabupaten Malang ada 244 lembaga selama pandemi covid-19 menghentikan aktifitas belajar-mengajar secara langsung Dan hampir seluruh santri dipulangkan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

“Olen Karena itu dalam rangka menghadapi new normal (normal Baru) kami meminta Pemkab Malang menyiapkan mekanisne secara kongkret agar pesantren bisa dibuka kembali sesuai dengan protokol kesehatan”, ujarnya.

Abdullah Satar mengatakan bahwa mayoritas sarana prasarana dipondok pesantren belum memadai.

“Karena keterbatasan fasilitas tersebut, maka perlu dibantu menyiapkan bagaimana agar sarana dan prasarana itu sesuai protokol kesehatan”, jelasnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Malang ini menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang perlu menyiapkan dan membantu pondok pesantren dalam menghadapi dan menerapkan new normal.

“Termasuk menyiapkan tes masal bagi pengajar dan santri hingga ketahanan pangan ekonomi pesantren”, ujarnya.

Perhatian terhadap pondok pesantren ini, menurut Ketua Fraksi PKB ini, menjadi penting dalam menghadapi new normal, karena di Kabupaten Malang ada ribuan pesantren.

“Kami berharap ada alokasi anggaran khusus dari pemkab untuk pesantren dalam rangka menyiapkan infrastruktur pesantren dalam menghadapi new normal ini”, jelasnya.

Abdullah Satar menambahkan mayoritas pesantren belum memiliki fasilitas yang memadai, seperti toilet, kamar mandi dan kamar tidur.

“Maka sebelum di laksanakan nya new normal, fasilitas tersebut perlu untuk di perbaiki agar para santri dapat maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan”, tambahnya.

Perhatian terhadap pesantren ini menjadi atensi dari Fraksi PKB dalam menghadapi new normal di Kabupaten Malang. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait