Hijrah Goes To New Normal

  • Whatsapp
Foto : Rektor Unira Malang, DR Hasan Abadi
Foto : Rektor Unira Malang, DR Hasan Abadi

MALANGSATU.ID – Sejak kelahirannya manusia-juga banyak makhluk lainnya- dibekali oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian, atau beradaptasi dengan lingkungannya.

Bacaan Lainnya

Yang kata Darwin, mereka yang mampu beradaptasilah pada saatnya yang mampu bertahan dan berkembang.

Kemampuan beradaptasi terhadap sebuah perubahan ini dalam agama adalah hal yang sangat esensial. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sehingga kaum itu berupaya mengubah dirinya, Innallaha laa yughayyiru ma biqaumin, hatta yughayyiruu maa bianfusihim, demikian termaktub dalam Quran Suci.

Dalam referensi Islam Moderat, potensi daya berubah yang diberikan Tuhan kepada manusia, harus digunakan manusia untuk mengubah keadaannya, dan kemudian Tuhan menaqdirkan hasil akhirnya. Dalam hal ini Tuhan memberikan “kuasa” kecil kepada manusia, tinggal manusia mau menggunakan atau tidak.

Berkaitan dengan pandemi Covid-19 dan seruan “New Normal”, sebenarnya hal tersebut biasa saja, tidak ada sesuatu yang sebenarnya menyulitkan bagi kita manusia. Tinggal bagaimana kita hidup bisa lebih memperhatikan protokol kesehatan. Dan kita bisa hijrah, bila sebelumnya kurang memperhatikan, sekarang dan kedepan lebih memperhatikan.

Fase manusia mulai prasejarah jaman batu dan sampai era millenial saat ini, menunjukkan manusia bisa beradaptasi, mampu hijrah, minaddzulumati ilannur, dari kegelapan sebelumnya menuju cahaya yang lebih baik. Dan kita bisa!

Rektor Unira Malang
Hasan Abadi Unira Kita

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait