Hampir Se Kampung Warga Majangtengah Dampit, Berpotensi Tertular Pasien Positif Covid-19 Asal Lumajang

  • Whatsapp
Foto : Petugas mendatangi desa majangtengah berikan imbauan untuk lakukan isolasi mandiri kepada warga
Foto : Petugas mendatangi desa majangtengah berikan imbauan untuk lakukan isolasi mandiri kepada warga

MALANGSATU.ID – Desa Majangtengah Kecamatan Dampit di gegerkan dengan adanya pemudik yang positif covid-19 dan berinteraksi dengan sanaak saudaranya, sedikitnya 29 orang warga Desa Majantengah, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, setelah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Lumajang saat mudik ke wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Satu keluarga pasien Covid-19 itu diketahui nekat mudik ke Desa Majantengah, Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, meski hasil swab belum keluar dan sudah ada imbauan untuk melakukan isolasi secara mandiri.

Menurut Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo menjelaskan, 29 orang warga tersebut akan menjalani rapid test yang akan diselenggarakan Kamis, 28/5/2020.

“Setelah kami tracing, ada sebanyak 29 orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 asal Lumajang tersebut,” ujarnya, Selasa 26/5/2020.

Arbani menjelaskan, jumlah tersebut dimungkinkan akan bertambah. Karena yang bersangkutan diketahui juga mendatangi Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Dan sudah berinteraksi kurang lebih dengan 49 orang.

“Prosedurnya memang dilakukan tracing terlebih dahulu. Apabila hasilnya reaktif, maka akan dilanjutkan dengan tes swab,” Jelasnya.

Arbani mengatakan bahwa untuk sementara waktu masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 asal Lumajang tersebut untuk melakukan isolasi mandiri.

Sebagi informasi, pasien positif Covid-19 berasal dari Lumajang itu merupakan anak berusia 3 tahun. Anak itu mudik bersama orangtuanya yang berasal dari Dampit. Sebelumnya, anak tersebut mengalami demam tinggi saat berada di Lumajang. Sehingga dilakukan test swab oleh Puskemas setempat.

Namun, sebelum hasil swab keluar, pasien positif Covid-19 asal Lumajang bersama orangtuanya nekat melakukan mudik ke Dampit, Kabupaten Malang untuk merayakan hari raya idul Fitri.

Ketika berada di Desa Majangtengah, hasil test swabnya keluar dan dinyatakan positif Covid-19. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait