Gelar Baksos Pandemi Covid-19, Bupati Malang Bagikan Beras Kepada Komunitas Sopir Jeep Bromo Dan Penambang Pasir

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi bagikan beras kepada warga terdampak covid-19
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi bagikan beras kepada warga terdampak covid-19

MALANGSATU.ID – Bupati Malang kembali menggelar baksos dengan membagikan bantuan paket sembako berupa beras kepada masyarakat, kali ini Bupati Malang kembali turun langsung di dua wilayah yakni kecamatan poncokusumo dan  kecamatan Tirtoyudo, Minggu 10/5/2020.

Bacaan Lainnya

Mengawali giat baksos, Bupati Malang di Kecamatan Poncokusumo distribusikan bantuan sembako dengan menyasar komunitas pengemudi mobil wisata Bromo, kemudian di Tirtoyudo bantuan tersebut menyasar para penambang pasir.

Pada kesempatan itu, Bupati Malang menyampaikan bahwa bantuan tersebut adalah upaya untuk meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

“Komunitas sopir jeep wisata Bromo ini kan otomatis nganggur karena wisata Bromo ditutup dan penambang pasir yang ada di Tirtoyudo meski tetap kerja tapi wajib kita berikan bantuan sembako,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Malang menyampaikan bahwa saat PSBB diterapkan nantinya, bantuan tersebut akan dibagikan serentak kepada masyarakat.

“Teknisnya akan disalurkan ke setiap rumah yang akan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa”, jelasnya.

Bupati Malang, HM Sanusi menjelaskan cara pendataan untuk bantuan tersebut sengaja dibuat terbalik, artinya masyarakat yang mampu akan didata dulu, selebihnya masyarakat tidak mampu tersebut yang akan mendapatkan bantuan sembako pemerintah.

“Bantuan yang bersumber dari APBD gak usah pakai data yang ribet, pokok masyarakat tidak mampu akan diberikan bantuan, beda jika bantuan pemerintah pusat maupun pemprov Jatim harus menggunakan data resmi, bahkan bagi masyarakat yang belum punya kartu identitas saya minta dibuatkan surat keterangan untuk mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Sementara itu Kadinsos Kabupaten  Malang H.Nurhasyim, SH.M.Si yang juga turut mendampingi Bupati Malang menjelaskan jumlah bantuan paket sembako beras yang didistribusikan di Poncokusumo dan Tirtoyudo kali ini sebesar 4,6 ton.

Nurhasyim juga memastikan bahwa Pemkab Malang sudah memiliki stok sembako yang akan didistribusikan saat Kabupaten Malang sudah menerapkan PSBB.

“Kami berharap masyarakat bersabar, Pemkab tetap akan menyalurkan bantuan sembako beras selama diberlakukan PSBB ini,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait