Dua Desa Di Pagak Salurkan BLT-DD Dampak Pandemi

  • Whatsapp
Foto : Kades Pandanrejo serahkan BLT-DD kepada warganya
Foto : Kades Pandanrejo serahkan BLT-DD kepada warganya

MALANGSATU.ID – Bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk warga terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang terus disalurkan oleh Pemerintah Desa, seperti yang di lakukan dua Pemdes di Kecamatan Pagak yang menyalurkan BLT-DD kepada warganya.

Bacaan Lainnya

Pemdes Pandanrejo dan Sumbermanjing kulon Pagak cairkan BLT-DD kepada warganya, Rabu 20/5/2020.

Di Desa Pandanrejo ada sebanyak 145 KK penerima BLT Dana Desa bulan pertama, masing-masing menerima Rp. 600 ribu per KK.

Nanang, Kades Pandanrejo mengatakan bahwa BLT Dana Desa tersebut diberikan selama 3 bulan kepada warga yang terdampak covid-19 dengan kriteria adalah warga yang di kategorikan miskin bukan penerima PKH, BPNT, Pra Kerja dan BST.

“Bantuan ini Juga difokuskan kepada warga yang kehilangan mata pencaharian dan mempunyai penyakit kronis maupun penyakit menahun yang berpotensi rentan terhadap covid-19”, ujarnya.

Nanang, Kades Pandanrejo menyatakan bahwa bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban warga yang terdampak Covid-19.

“Percepatan penyaluran ini kita lakukan sesuai dengan instruksi Menteri PDTT bahwa BLT Dana Desa di salurkan sebelum hari raya”, tandasnya.

Foto : Penyaluran BLT-DD. di desa sumbermanjingkulon

Sementara itu, Pemdes Sumbermanjingkulon wujudkan transparansi BLT Dana Desa dengan mekanisme penyaluran BLT-Dana Desa sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal itu disampaikan oleh Kades Sumbermanjing kulon, Karyuti bahwa dalam rangka penyaluran BLT-DD pihaknya melakukan sesuai dengan aturan dan beberapa tahapan.

“Kami lakukan sesuai dengan aturan, mulai dari pembentukan tim untuk pendataan calon penerima sampai pada Musyawarah Desa Khusus untuk verifikasi dan validasi data calon penerima dari masing-masing RT yang kemudian kita tetapkan sebagai penerima dan data tersebut juga kita pajang di Balaidesa”, jelasnya.

Menurut Bu Karyuti, Kades Sumbermanjingkulon, semua tahapan dilaksanakan guna mewujudkan transparansi penyaluran BLT-DD.

“Di Desa kami ada 156 KK BLT-DD, dan menerima sejumlah 600 ribu per KK”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sana, Anis Dianto, Pendamping Lokal Desa menyampaikan bahwa pihaknya memfasilitasi dan monitoring tahapan penyaluran BLT-Dana Desa di Sumbermanjingkulon.

“Kita lakukan agar tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang tertuang dalam regulasi”, tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait