Bupati Malang Pastikan Program KEK Singhasari Tetap Jalan

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi lakukan vidcom terkait KEK
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi lakukan vidcom terkait KEK

MALANGSATU.ID – Program strategis nasional Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Singhasari tetap berjalan meski di tengah masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi, saat menggelar video conference dengan Dewan Nasional KEK tentang pengurangan pajak dan retribusi di Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari di Peringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin 4/5/2020.

Hadir dalam rapat vidcom tersebut, sejumlah Kepala OPD terkait mendampingi Bupati dan Direktur PT Intelegensia Grahatama selaku pemegang kuasa KEK Singhasari, David Santoso.

Bupati Malang mengatakan bahwa program KEK ini memiliki tujuan untuk menarik investasi masuk dan bagaimana caranya tujuan ini bisa terwujud dengan memaksimalkan upaya kolaborasi antara pusat dan daerah.

“Sehingga antara pusat dan daerah berkolaborasi memfasilitasi agar investor masuk dan berdaya saing”, ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Malang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang sudah membentuk tim percepatan operasional KEK dan diterbitkan Badan Usaha Pembangun dan Pengelola sehingga terpenuhinya syarat utama KEK yakni perihal infrastruktur dasar, sumber daya manusia, dan perangkat kelembagaan.

“Khususnya, perangkat kelembagaan sudah selesai dan ini akan menjadi modal dalam pembangunan infrastruktur dasar KEK Singhasari”, ujarnya.

Bupati Malang mengatakan bahwa perwujudan dari program KEK ini sudah ditunggu masyarakat sekitar dan Kabupaten Malang.

“Pemkab Malang sudah memenuhi regulasi apa yang menjadi kewenangan Pemkab Malang. Namun karena dampak adanya wabah Covid-19 ini program KEK tidak sesuai dengan rencana sebelumnya,” terangnya.

Bupati menjelaskan, Pemkab berharap arahan dan petunjuk Pemerintah Pusat dan Badan Otoritas KEK terkait langkah tepat yang akan dijalankan dan diprioritaskan oleh Pemkab Malang bersama masyarakat.

“Pasalnya, pemegang kuasa juga demikian belum bisa melangkah. Begitu pula, dinas terkait untuk mengawali langkah pembangunan demi wujudkan KEK. Seperti pelebaran jalan dan kebutuhan lainnya”, ujarnya.

Agar program KEK ini berjalan sesuai schedule. Bupati Malang, HM Sanusi memastikan bahwa seluruh tahapan KEK Singhasari akan tetap berjalan meski situasi pandemi masih terjadi sampai saat ini.

“Kami pastikan seluruh tahapan akan tetap berjalan, termasuk juga terkait legitimasi yang mengatur besaran insentif dan kemudahan-kemudahan yang akan didapatkan investor yang masuk dan menanamkan modalnya di KEK Singhasari,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait