Terus Bertambah, Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kab Malang Jadi 34 Orang

  • Whatsapp
Foto : Data pasien positif covid-19 (diakses dari akun twitter Pemprov jatim)

MALANGSATU.ID – Pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Malang tetus bertambah, sesuai data Jatim Tanggap Covid -19, yang dapat diakses melalui akun twitter resminya @jatimpemprov, jumlah kasus positif Covid-19 tercatat 34 kasus, Kamis 30/4/2020.

Data tambahan kasus positif covid-19 ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sedang dilakukan pelacakan, kami baru mendapatkan informasi dari Provinsi Jatim jika ada dua kasus baru terkonfirmasi positif”, ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut Arbani pihaknya saat ini melakukan tracing. Tidak hanya  kepada keluarga tapi juga warga.

“Nanti dilakukan pendataan siapa saja yang pernah berinteraksi. Mereka akan di pantau secara langsung atau jika perlu langsung dilakukan rapid tes,” jelasnya.

Arbani juga menjelaskan jika pada hari Rabu 29/4/2020 lalu ada tambahan 4 kasus positif di Kabupaten Malang. Empat kasus positif ini ditambahkan Arbani berasal dari tiga Puskesmas. Yakni satu kasus dari  Puskesmas Ardimulyo, satu kasus dari Puskesmas Singosari dan dua kasus dari Puskesmas Lawang. Empat kasus tersebut, dua pasien menjalani isolasi rumah, sedangkan dua lainnya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

“Empat warga yang terpapar Covid-19 ini awalny mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan. Dua diantaranya sudah pulang, saat ini menjalani isolasi rumah. Sedangkan dua lainnya masih menjalani perawatan,” katanya.

Lebih lanjut, Arbani mengatakan kendati menjalani perawatan di rumah sakit, dua pasien terpapar Covid -19 tersebut secara umum kondisinya baik.

“Laporan yang kami terima keduanya mengalami batuk dan pilek. Semoga cepat membaik,” ujarnya.

Sementara jumlah kasus positif bertambah, Arbani juga mengatakan pasien sembuh dari Covid -19 di Kabupaten Malang juga bertambah. Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, jumlah kasus sembuh bertambah satu. Sehingga total saat ini kasus sembuh adalah 8 kasus.

“Yang tambahan satu ini merujuk pada hasil swab ke dua yang menunjukkan hasilnya adalah  negatif Covid-19. Menunggu satu swab lagi jika swab ke tiga negatif, maka yang bersangkutan betul-betul sembuh,” tambahnya.

Sementara untuk jumlah kasus Covid -19 di Kabupaten Malang, selain ada tambahan kasus positif, jumlah kasus dengan status orang Dengan Risiko (ODR) juga bertambah. Kamis (30/4) ODR di Kabupaten Malang sesuai data Dinas Kesehatan, mencapai 4387. Sebelumnya ODR di Kabupaten Malang. 4183.

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG)  yaitu 221 sebelumnya hanya 209. Sementara untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) jumlahnya 342 meningkat enam kasus dari hari sebelumnya hanya 336. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang adalah 163 atau meningkat enam kasus dari hari sebelumnya 157 kasus.(*)

Unira Malang

Pos terkait