Sepakat Gaji Bupati, Ketua DPRD, dan Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Dihibahkan kepada Warga Terdampak Corona

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, ketua Dewan, dan anggita FODIP saat mendistribusikan beras ke salah satu pondok pesantren

MALANGSATU.ID – Menanggulangi pandemi Covid-19 harus dilakukan bersama-sama. Seperti yang dicontohkan Bupati Malang HM. Sanusi, Ketua DPRD Didik Gatot Subroto dan Fraksi Kabupaten Malang, , yang menghibahkan gajinya untuk warga terdampak Corona.

“Kalau Pak Bupati dan Ketua DPRD gajinya sepenuhnya dihibahkan, kalau teman-teman Fraksi separuh dari gajinya, semua bersepakat dipergunakan untuk membantu beban ekonomi warga terdampak Corona. Terutama bagi masyarakat pekerja lepas harian yang tentu merasakan secara langsung dari wabah Corona ini,” ujar Abdul Qodir, ketua satgas tanggap bencana DPC PDI Perjuangan, Kamis 2/4/2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, meskipun nilainya tidak akan mampu membantu kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Namun, setidaknya sebagai bupati dan wakil rakyat beliau-beliau memberikan edukasi politik dengan tindakan konkret yang ditunjukkan kepada masyarakat.

Abdul Qodir, yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Pemuda, Olahraga dan Budaya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, mengapresiasi sikap heroik yang diambil para senior Partainya tersebut.

Menurut Adeng sapaan akrabnya, terpenting dari langkah Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Malang adalah tauladan yang bisa jadi menginspirasi orang lain untuk turut gotong royong melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus Corona.

“Ketika masyarakat membutuhkan, wajib hukumnya wakil rakyat hadir,” tegasnya.

Lanjut Adeng, masyarakat tak bisa lagi mengelak dari imbas wabah Covid-19 ini. Dampaknya sangat terasa hingga ke akar rumput.

“Kami paham betul bagaimana ekonomi masyarakat kecil dicekik. Kondisi seperti ini lah semua orang tidak boleh apatis. Semua harus turun tangan. Seperti yang diajarkan Bung Karno bahwa intisari Pancasila adalah Gotong Royong,” tukasnya.

Sikap heroik Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Malang dan Fraksi PDIP itu kata Adeng, sesuai dengan instruksi DPP PDI Perjuangan bahwa semua kader harus membantu meringankan beban ekonomi dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat terdampak.

Dihubungi terpisah, Pria yang menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto berharap bantuan yang diberikan oleh DPC PDI Perjuangan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Masalah Corona ini sangat berimbas kepada perekonomian masyarakat. Betapa tidak. Sekarang coba lihat gimana orang-orang pekerja lepas harian. Mereka pada mengeluh pendapatan mengurang karena ladang pekerjaannya tidak stabil seperti dulu,” katanya. (*)

Pondok Pesantren di Malang