Peringati Harlah Ke 70, Ini Yang dilakukan Fatayat NU Kabupaten Malang

  • Whatsapp
Foto : Kegiatan Fatayat dalam rangka harlah ke 70

MALANGSATU.ID – Memperingati HUT Fatayat NU ke-70 serangkaian kegiatan dijalankan Fatayat NU Kabupaten Malang, mulai dari kepedulian menangkal Covid-19, hingga pengajian khataman online sejuta umat.

“Kami mengadakan serangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Fatayat NU ke-70. Mulai dari aksi kepedulian antisipasi Corona sampai khataman online sejuta umat,” tandas
Koordinator Bidang Cyber dan Literasi
PC Fatayat NU Kabupaten Malang, Hidayatis Syarifah.

Bacaan Lainnya

Untuk peringatan harlah bertepatan adanya pandemi Covid-19 kali ini mengusung tema “Bakti Kami Untuk Negeri, Peran Kami Merawat Bumi”.

Sekilas informasi, harlah Fatayat NU ke-70 yang jatuh pada tanggal 24 April 2020 terasa spesial dan istimewa karena kebetulan bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadhan.

Rangkaian kegiatan peringatan harlah pun digelar dengan khidmat dan masih dalam suasana keprihatinan, mengingat juga pandemi Covid-19 masih masif melanda bumi Kita tercinta.

Disesuaikan dengan tema dan kondisi saat ini, maka bakti Fatayat untuk negeri diwujudkan melalui peran aktif Fatayat NU dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Rangakaian kegiatan digelar mulai awal bulan, berupa kegiatan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer, pembagian masker dan juga pembagian sembako.

Kegiatan ini dikoordinir oleh PC Fatayat NU Kabupaten Malang dibawah pimpinan sahabat Hj. Nur Mutiah, dan dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Malang dikoordinir oleh PAC Fatayat NU setempat.

Diantara PAC Fatayat NU yang melakukan giat penanggulangan Covid-19 adalah PAC Singosari dengan pembagian sembako ke kaum duafa, PAC Jabung membagikan masker gratis ke masyarakat, PAC Kepanjen dengan pembagian sembako dan masker ke masyarakat, dan PAC Sumawe juga membagikan masker dan sembako ke kaum duafa’.

Puncak Harlah Fatayat NU ke-70 dihelat pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020 dengan kegiatan “Khataman Online Sejuta Ummat”.

Kegiatan ini selaras dengan momen datangnya bulan suci Ramadhan. Dalam kegiatan khataman ini juga dilangsungkan pembacaan do’a bersama memohon kepada Allah  untuk diangkatnya wabah Covid-19 dari muka bumi, juga untuk kemajuan NU ke depannya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Fatayat NU mulai dari pengurus PC di tingkat Kabupaten sampai dengan anggota di tingkat ranting di desa-desa.

Setelah khotmil Qur’an diikuti dengan pembagian nasi kotak oleh setiap anggota fatayat minimal 2 kotak dan diberikan kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk dari rasa syukur dan kepedulian kita terhadap sesama.

Fatayat NU adalah teladan pemudi utama. Fatayat NU berbakti untuk negeri dan istiqomah merawat bumi.

Puncak harlah berupa khataman online sejuta ummat dilaksanakan secara online, di rumah masing-masing anggota.

Sedangkan jumlah ranting Fatayat di seluruh Kabupaten Malang ada 540 ranting.

Dengan pembagian juz yang dibaca dikoordinir oleh pengurus di tiap-tiap tingkatan mulai dari ranting, PAC hingga PC.

Bahkan kegiatan ini serentak dari PW
se-Jawa Timur. “Alhamdulillah pelaksanaan khataman online berjalan sukses dan khidmat. Semoga adanya serangkaian kegiatan keagamaan di Ramadhan ini turut mempercepat hilangnya Virus Covid-19,” tukas Hidayatis. (*).

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait