Lazisnu Baiturrahman Menerima dan Salurkan Zakat Mulai Awal Ramadhan

  • Whatsapp
Foto : KH. Andik Wahyudi, Ketua Lazisnu Baiturrahman Kepanjen

MALANGSATU.ID – Menanggapi surat edaran Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj, tentang percepatan penyaluran zakat, maka Lazisnu Baiturrahman siap tampung dan salurkan sejak awal Ramadhan 1441 H kali ini.

Dalam surat edaran tersebut, KH. Said Aqil Siradj, mengimbau kepada umat Islam agar mengeluarkan zakat maal (harta); zakat tijarah (dagang/ niaga); zakat pertanian (zira’ah); dan zakat fitrah, di awal bulan Ramadhan, dalam rangka membantu warga yang kurang mampu di tengah wabah Corona Virus (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Mensikapi hal ini, KH. Andik Wahyudi, Ketua Lazisnu Baiturrahman, menyatakan siap menampung dan menyalurkan zakat dari umat Islam di Kepanjen secara khusus dan warga luar Kepanjen pada umumnya.

Untuk hari pertama pelaksanaan puasa Ramadhan ini, ungkap pria yang tinggal di Desa Talangagung ini, sudah ada beberapa orang yang telah mempercayakan Lazisnu Baiturrahman, untuk menyalurkan bantuan. Salah satunya dari seorang yang menginisialkan diri sebagai Hamba Allah dengan menyumbangkan 17 paket bingkisan.

“Usai pelaksanaan shalat Jum’at awal Ramadhan ini, ada seorang yang menyerahkan kepada kami 17 paket bingkisan. Kemarin, 30 bungkus dari PLN Area Malang” jelasnya.

Dalam obrolan singkat saat menyerahkan paket bingkisan yang berisi sembako, kepada Kaji Andik, meminta tolong agar bantuan itu dapat dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima bantuan ini.

Sementara itu, sebagai tambahan informasi, di Kantor Lazisnu Baiturrahman yang berada di kompleks area Masjid Agung Baiturrahman, juga menyediakan beras 3Kg-an dengan harga Rp. 35.000. Beras ini juga bisa untuk digunakan pembayaran zakat fitrah bagi orang yang kebetulan tidak membawa beras, dengan mengganti harga yang sudah ditentukan tersebut. (*)

Pondok Pesantren di Malang