Cegah Covid-19, Perumda Tirta Kanjuruhan Terapkan Program Baca Meter Air Secara Mandiri

  • Whatsapp
Foto : Program baca meter mandiri perumda tirta kanjuruhan

MALANGSATU.ID -Masuk dalam zona merah, sebaran virus Covid-19 di Jawa Timur, Pemkab Malang terus berupaya melakukan berbagai hal dalam melawan covid-19. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh BUMD Perumda Tirta Kanjuruhan.

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang menerapkan baca meter secara mandiri.

Bacaan Lainnya

Seperti disampaikan oleh Syamsul Hadi Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, bahwa Perumda Tirta Kanjuruhan menerapkan baca meter secara mandiri.

Foto : Baca meter air mandiri

“Baca meter air mandiri kita luncurkan di tengah pandemi Corona. Sekaligus sebagai bentuk penerapan phsysical distancing untuk ikut serta mencegah sebaran virus saat ini,” ujarnya, Kamis 2/4/2020.

Syamsul Hadi mengatakan bahwa baca meteran mandiri, merupakan langkah dimana pelanggan bisa berpartisipasi untuk cek pengeluaran air bersihnya sendiri tanpa perantara petugas seperti biasanya. Cara baca meteran mandiri ini cukup sederhana untuk dipraktikkan masyarakat.

“Pelanggan cukup foto meter air dengan jelas dan catat angka stand meternya. Setelah itu kirim foto dengan format yang kita tentukan,” jelasnya.

Foto : Langkah baca meter mandiri

Lebih lanjut, Syamsul menambahkan, jika pelanggan tidak mengirim data, maka pemakaian akan menggunakan rata-rata tiga bulan terakhir.

“Jika pelanggan tak mengirim data baca meteran air sampai 15 April, maka pemakaian menggunakan rata-rata 3 bulan terakhir,” ujarnya.

Syamsul menegaskan, bahwa melalui baca meteran air mandiri itu, diharapkan menjadi bagian perlawanan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Malang terhadap sebaran virus Corona yang kini status ODR, ODP dan PDP nya masih terbilang banyak.

Foto : pusat informasi baca meter mandiri

“Ini langkah kita dalam pandemi Corona. Kita berharap banyak masyarakat juga ikut serta terkait hal ini,” pungkasnya.

Dari informasi resmi Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, langkah pelanggan baca meteran airnya adalah sebagai berikut :

1. Pelanggan setelah memfoto meteran airnya, juga mencatat angka stand meterannya yang berwarna hitam.
2. Kirim foto dengan format nomor saluran (sesuai meteran) #angka stand meteran dan kirim ke WA 08113660000.
3. Kirim mulai tanggal 5-15 April 2020.

Pondok Pesantren di Malang