Cegah Covid-19, Pemdes Klepu Galak kan Penyemprotan Disinfektan Di Rumah Warga

  • Whatsapp
Foto : Tim gugus tugas covid-19 desa Klepu bersiap lakukan penyemprotan

MALANGSATU.ID – Pandemi Covid-19 yang telah mewabah di Indonesia termasuk wilayah Kabupaten Malang membuat seluruh lapisan masyarakat harus terus waspada akan penyebaranya, termasuk pemerintah Desa sebagai ujung tombak pemerintahan ditingkat Desa, dengan melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warganya dan tempat ibadah serta lembaga pendidikan yang ada di desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh kepala Desa Klepu, Suwanto yang menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan upaya -upaya dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona di Desanya dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Sejak pandemi Corona ini menjadi wabah, kami langsung membentuk tim gugus tugas covid-19, sesuai instruksi dari pemkab Malang”, ujarnya, Sabtu 18/4/2020.

Kades Klepu, Suwanto menyampaikan bahwa setelah tim terbentuk, pihaknya lakukan penyusunan program dan kegiatan dalam pencegahan covid-19 ini.

Foto : Penyemprotan disinfektan dirumah warga klepu

“Kami bergerak cepat dengan melakukan penyemprotan disinfektan”, ujarnya.

Suwanto menambahkan bahwa penyemprotan pertama dilakukan di tempat ibadah, sekolah dan pasar desa.

“Sasaran pertama dalam giat penyemprotan itu adalah fasilitas umum, seperti tempat ibadah, baik masjid atau mushola, kemudian lembaga pendidikan dan pasar desa”, jelasnya.

Lebih lanjut, Suwanto menyampaikan untuk giat selanjutnya adalah penyemprotan disinfektan ke dusun-dusun yang ada di desa Klepu.

“Pertama kami lakukan di dusun Prangas, kemudian dusun Sumbergentong, kita lakukan penyemprotan ke rumah-rumah warga”, jelasnya.

Foto : Dukungan dari relawan pmi dan stm turen

Kades Klepu mengatakan bahwa sasaran penyemprotan selanjutnya adalah dusun Klepu.

“Besak (Minggu, 19/4/2020) kita laksanakan di dusun Klepu”, tandasnya.

Suwanto mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan ini, pihaknya mendapat dukungan dari relawan PMI dan STM Turen.

“Kami bekerjasama dan di bantu oleh relawan PMI dan relawan STM Turen peduli covid-19 dalam pelaksanaan penyemprotan tersebut”, ujarnya.

Kades Klepu berharap dengan dilaksanakanya penyemprotan disinfektan ini, virus Corona tidak sampai masuk kedesanya.

Foto : Imbauan dari pemdes klepu

“Kita berharap virus corona ini tidak sampai masuk ke desa kami, dan kami juga telah himbau agar warga patuhi imbauan pemerintah”, ujarnya.

Kemudian Suwanto juga menyampaikan bahwa pihak pemdes telah membuat Imbauan kepada masyarakat.

“Disamping lakukan penyemprotan disinfektan, kami juga sampaikan masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah, seperti tetap tenang, tidak panik, berperilaku hidup sehat, selalu cuci tangan, pakai masker jika keluar rumah, dan hindari kerumunan”, ujarnya.

Selanjutnya, Kades Klepu juga berharap dengan upaya yang dilakukan tidak ada warga Klepu yang terpapar virus corona.

“Kami jugaa imbau, bagi warga yang tinggal diluar desa Klepu untuk tidak pulang dulu atau mudik dulu sampai kondisi membaik”, pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait