Dianggap Kabupaten Malang Masih Aman Pandemi Corona, MUI Nyatakan Sholat Jumat Tetap Dilaksanakan

  • Whatsapp
Foto : Ketua MUI, KH Fadhol Hija saat menerima kunjungan kapolres malang

MALANGSATU.ID – Kewajiban ibadah sholat jumat di Kabupaten Malang tetap dilaksanakan di masjid, karena menurut MUI wilayah Kabupaten Malang dianggap masih relatif aman dari wabah virus corona. Oleh karenanya, pelaksanaan kewajiban salat Jumat harus tetap dilaksanakan.

Hal itu disampaikan langsung Ketua MUI Kabupaten Malang KH Fadhol Hija.  Yang menyampaikan pandangan terkait tetap dilaksanakannya salat Jumat berjamaah dan sudah sesuai dengan surat edaran Bupati Malang.

Bacaan Lainnya

Ketua MUI Kabupaten Malang KH Fadhol Hija menyampaikan bahwa pihaknya memakai zona, selama masih zona hijau maka tetap di langsungkan sholat jumat karena kewajiban.

”Kalau saya gini, pakai zona merah, kuning, hijau. Selama masih zona hijau (aman), maka tetap dilangsungkan sholat Jumat karena itu kewajiban. Namun harus tetap pakai sistem pencegahan, seperti dalam surat edaran bupati yaitu menjaga kebersihan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ketua MUI Kabupaten Malang KH Fadhol Hija juga menyampaikan bahwa
pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu takut untuk beribadah. Namun demikian, rutinitas ibadah tersebut juga harus berpedoman pada himbauan serta intruksi pemerintah.

”Kalau masih hijau, ikhtiar usaha pencegahan yang patut dilaksanakan. Tapi kalau sudah zona kuning dan merah, kita ikuti instruksi pemerintah selaku pihak yang berwenang,” jelasnya.

KH. Fadhol Hija mengatakan, Jika memang sudah ada pelarangan total dan sudah dianggap sangat membahayakan maka tidak ada salahnya jika menjalankan ibadah salat Jumat dari rumah.

”Intinya kita ikuti instruksi pemerintah, kalau memang sudah zona merah dan banyak mudaratnya lebih baik ibadah di rumah,” tegasnya.

Lebih lanjut, KH Fadhol Hija menambahkan, apabila kemungkinan lockdown tersebut benar-benar terjadi, pihaknya menyarankan agar ibadah berjamaah termasuk salat Jumat diganti dengan ibadah lain. Misalnya salat dhuhur di rumah, dan zikir, maupun membaca al-quran.

”Nabi pernah melakukan usaha semacam itu, pemisahan dan pengelompokan untuk menjaga diri supaya terhindar dari mudarat besar. Jadi (salat Jumat) di rumah masing-masing tidak apa, tapi tidak usah panik di Kabupaten Malang masih aman,” jelasnya.

Kemudian MUI Kabupaten Malang menghimbau agar masyarakat tidak panik, dan tetap menjaga kebersihan serta kesehatan. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait